Selasa, 08 April 2008

puisi


menulis puisi merupakan hal yang menyebalkan bagi sebagian orang.
terutama pusi cinta, isinya cuma kata-kata gombal doank.
ketika semuanya tlah berakhir kata-kata yang pernah tertulis hanyalah tinggal sebuah kata usang
semua pujian hanya tinggal cercaan
g usah disesali,namanya juga cinta monyet.yeah..biasalah ank muda

kebanyakan anak muda hanya mengenal puisi cinta,tapi sebenarnya macam-macam puisi ada banyak sekali.
tema kepahlawanan seringkali diusung para penyair dalam menggambarkan perasaannya maupun menceritakan
suatu peristiwa yang pernah terjadi ke dalam suatu bentuk yang berbeda.
selain kepahlawanan ada juga tema sosial.

cara penulisan puisipun bermacam-macam
ada yang sengaja dibuat bersajak a-b-a-b seperti pantun
dan ada juga yang berupa reduplikasi atau pengulangan

berikut puisi yang pernah aku baca,dan kalau diamati terdengar agak aneh tetapi sarat akan makna


pot

pot apa pot itu pot kaukah pot aku
pot pot pot
yang jawab pot pot pot kaukah pot itu
yang jawab pot pot pot kaukah pot aku
pot pot pot
potapa potitu potkaukah potaku
pot

(bachri,1981)


selain itu,berikut adalah puisi yang dikemas dengan kalimat sederhana
dan menurutku puisi ini nyentuh banget


Tapi

aku bawakan bunga padamu
tapi kau bilang masih
aku bawakan resahku padamu
tapi kau bilang hanya
aku bawakan darahku padamu
tapi kau bilang cuma
aku bawakan mimpiku padamu
tapi kau bilang meski
aku bawakan dukaku padamu
tapi kau bilang tapi
aku bawakan mayatku padamu
tapi kau bilang hampir
aku bawakan arwahku padamu
tapi kau bilang kalau
tanpa apa aku datang padamu
wah!

(bachri,1981)


sekeder iseng aku nyoba buat puisi yang sederhana walaupun dengan kata yang
simple tapi aku harap bisa mengekpresikan perasaanku


aku
a - k - u
a-ku
siapakah aku?
aku bukanlah engkau
engkau bukanlah aku
lalu siapakah aku?
aku
aku adalah aku